Cara Follow Up Prospek Bisnis

Yes, cara follow up yang tepat merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam bisnis. Tetapi tidak banyak pelaku bisnis mlm melakukannya dengan benar. Apa yang seharusnya dilakukan dalam proses follow up prospek?

Awal mula mengapa kita melakukan tindakan follow up adalah karena pada saat pertama kali menawarkan peluang bisnis tidak langsung diterima oleh prospek, atau prospek masih belum terlalu yakin dengan penawaran Anda. Ada beberapa sebab mengapa prospek tidak langsung join pada perusahaan MLM Anda atau mereka masih menunda untuk join. Bahkan tidak sedikit prospek yang setelah Anda memberikan penawaran peluang bisnis atau produk mereka malah semakin menghindar dan menghilang.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan dan keinginan Anda agar prospek segera bergabung pada bisnis atau membeli produk Anda, yang perlu Anda lakukan adalah tinggalkan sejenak keinginan Anda dan beralih fokus kepada prospek. Fokus terhadap prospek berarti Anda memihak pada apa yang diinginkan oleh prospek, ini akan sangat memudahkan Anda untuk proses closing selanjutnya secara soft perlahan tetapi pasti.

Daripada fokus kepada penjualan Anda, lebih baik fokus kepada permasalahan dan memberikan solusi untuk prospek Anda

Apa saja yang seharusnya Anda persiapkan dan lakukan dalam cara follow up kepada prospek? Berikut ini saya bagikan 7+ Cara Follow Up Prospek Bisnis versi saya:

Mempersiapkan beberapa pertanyaan yang memungkinkan untuk Anda mengatur pembicaraan kepada prospek Anda. Sebagai contoh script jika prospek bisnis Anda adalah memang benar-benar target market yang telah Anda fokuskan ->
Script Follow Up Prospek
– Bagaimana pengalaman bapak/ Ibu di bisnis mlm sebelumnya?
– Apa yang menjadi motivasi Bapak/ Ibu jika seandainya diberikan kesempatan untuk mulai berbisnis kembali di MLM?
– Berapa penghasilan yang ingin Bapak/ Ibu dapatkan jika nantinya menjalankan bisnis MLM ini
– Sebenarnya apa kesulitan Bapak/ Ibu dalam menjalankan bisnis MLM?

Lakukan pendekatan kepada prospek, setelah prospek menerima penawaran bisnis Anda, fokus untuk mengenal lebih jauh siapa dan bagaimana keadaan prospek Anda melalui berbagai cara seperti mengirim email atau chat secara personal (jika memungkinkan).
Tidak meninggalkan prospek Anda, lebih baik memperlakukan prospek secara khusus sampai benar-benar mulai terjadi kedekatan emosional. Sehingga antara Anda dan prospek merasa nyaman dalam berkomunikasi.
Memperhatikan percakapan yang terjadi antara Anda dan prospek, catat poin-poin penting yang menjadi kesulitan prospek.
Lebih banyak menerima informasi dari prospek ketimbang berbicara lebih banyak tentang diri Anda. Mendengarkan dan menggali lebih banyak informasi untuk mendapatkan hot button (keinginan prospek yang benar-benar kuat) sehingga saat Anda mulai follow up berikutnya fokus kepada hot button prospek bisnis Anda. Dapatkan Dream-nya, kebutuhannya seperti apa, dan juga problem terbesarnya seperti apa.
Pastikan Anda menguasai pengetahuan tentang bisnis yang Anda jalankan, karena pada saat follow up prospek biasanya akan banyak pertanyaan yang dilayangkan prospek kepada Anda.
Selain pengetahuan tentang bisnis Anda, tentu juga Anda harus memiliki knowledge product bisnis MLM Anda.
Langkah yang paling terakhir ini adalah yang terpenting harus Anda miliki yaitu meningkatkan selling point Anda. Artinya Anda harus memandang diri Anda dari sisi prospek, mengapa prospek harus bergabung bersama Anda, mengapa harus bergabung ke dalam bisnis MLM Anda, mengapa harus percaya kepada Anda, mengapa harus join segera ke dalam bisnis Anda.

Itulah yang bisa saya bagikan hari ini tentang cara follow up prospek untuk bisnis MLM Anda, pastikan memahami kalimat demi kalimatnya dan terapkan ke dalam bisnis Anda. Anda juga bisa mempersiapkan poin penting yang akan disampaikan kepada prospek ketika mereka siap join dengan bisnis MLM Anda yaitu tentang bagaimana memulai bisnis mlm, dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada tahap awal.

Semoga apa yang saya sampaikan bisa membantu Anda melengkapi dalam memecahkan permasalahan Anda saat melakukan cara follow up prospek Anda yang selama ini mungkin belum begitu baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s