Disiplin Diri, Nikmati Proses Dan Fokus Dengan Hasil

Memiliki investasi berarti Anda memiliki rencana, jika tidak memiliki rencana berarti Anda tidak melakukan investasi.
Jika Anda sudah memiliki rencana investasi, tugas berikutnya adalah memilih jalan mana yang perlu diambil untuk mencapai rencana investasi yang telah dibuat. Setiap investor memiliki jalan masing-masing untuk menuju rencana investasi yang telah ditetapkan. Cepat lambatnya rencana investasi adalah suatu proses investasi, bukan sebagai bagian yang perlu dijadikan ukuran berhasil atau tidaknya rencana investasi yang telah Anda tulis. Dan juga bukan hal yang perlu dibandingkan dengan investor lain. Rencana investasi bukan untuk dibandingkan, namun untuk dijalankan agar tercapai.
Hal yang perlu dibandingkan adalah bagaimana perkembangan investasi Anda dan kinerja investasi Anda bulan sebelumnya dengan bulan berikutnya atau yang lebih akurat dengan membandingkan kinerja rencana investasi Anda setiap tiga bulan sekali. Jika Anda sudah melakukan investasi cukup lama, membandingkan kinerja rencana investasi Anda dengan tahun sebelumnya adalah sebuah indikator yang sangat baik untuk dinilai.
Menjalankan rencana investasi memerlukan informasi, aturan, metode & strategi  serta tindakan untuk mencapainya. Sering kali proses ini membutuhkan disiplin diri dan juga sering kali membosankan untuk dilakukan.  Untuk itu Anda perlu menikmati prosesnya dan tetap focus dengan hasil yang ingin diperoleh.
Menjual dan membeli produk investasi adalah bukan melakukan investasi. Dalam arti yang lebih luas hal ini dapat berarti berdagang, gambling atau banyak orang mengatakan “berjudi” dengan keberuntungan Anda. Tidak ada investasi yang beruntung, kebanyakan investor yang berhasil adalah karena mereka memiliki rencana, melakukan bersiapan dan melakukan hal-hal yang diperlukan mencapai rencana mereka sehingga akhirnya mereka “beruntung”.
Sebagai contoh Anda ingin pergi ke Surabaya dari Jakarta. Rencana Anda adalah pergi ke Surabaya dan posisi Anda saat ini adalah di Jakarta. Tindakan yang perlu Anda lakukan adalah memilih kendaraan apa yang cocok sehingga Anda dapat sampai di Surabaya dengan tepat waktu dan dengan tingkat resiko yang seminimal mungkin. Jika ingin mencapai Surabaya dalam waktu dua hari, mungkin kendaraan yang tepat adalah menggunakan jalan darat dengan banyak istirahat. Namun jika rencana Anda untuk mencapai Surabaya dalam jangka waktu 12 jam, mungkin keputusan yang Anda ambil menjadi berbeda. Demikian juga jika ingin sampai dalam tempo kurang dari 2 jam, dapat dipastikan jalan darat adalah bukan pilihan. Intinya setiap rencana perlu memiliki strategi dan tingkat resiko yang berbeda.
Namun jika Anda ingin ke negara Australia, kelihatannya jalan darat adalah bukan pilihan yang tepat dan benar sama sekali, karena tidak layak untuk direalisasikan.
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang ingin melakukan investasi dan mereka memiliki bayangan rencana investasi dan dalam penerapannyamemaksakan jenis investasi tertentu untuk diterapkan dalam bayangan rencana investasi tersebut. Yang dalam contoh diatas sebenarnya tidak layak untuk diaplikasikan.
Dalam menerapkan rencana ada satu hukum yang perlu diingat yaitu setiap rencana membutuhkan waktu dan proses yang berbeda. Tidak ada proses yang instan. Tidak ada jalan pintas. Waktu menanam dan menuai terjadi pada saat yang berbeda.
Disiplin diri.
Dibutuhkan selama Anda menerapkan strategi Anda. Hal yang paling baik untuk menilai apakah metode, stategi dan aturan yang Anda gunakan sudah tepat adalah dengan menilai tingkat imbal hasil yang Anda dapatkan. Apakah sejalan dengan rencana investasi Anda? Apakah Anda puas dengan hasil yang diperoleh? Jika menurut Anda jawabannya adalah tidak, mungkin ada baiknya untuk mencari strategi yang lain.
Ada berbagai macam bentuk, metode dan strategi investasi yang tersedia di luaran sana, Anda tinggal memilih jenis mana yang cocok untuk diterapkan sehingga dapat mendukung rencana investasi Anda. Jika sudah memenuhi syarat yang Anda tetapkan, hal berikutnya adalah mendisiplinkan diri untuk melakukan secara terus menerus dan berulang.
Dengan berjalannya waktu sebaiknya Anda tidak tergoda untuk melakukan cara lain, yang menurut orang lain cara tertentu dapat lebih cepat atau lebih menguntungkan. Tetaplah konsisten dengan bentuk, metode dan strategi yang Anda pilih.Tindakan ini tetap perlu dilakukan dengan konsisten sampai Anda memutuskan untuk menata ulang rencana Anda.
Jika Anda pergi ke Surabaya dari Jakarta, kemudian menetapkan untuk sampai di tempat tujuan dalam jangka waktu 2 jam dan Anda sudah mengambil keputusan untuk menggunakan pesawat udara komersial, kemudian ada seseorang yang menganjurkan untuk menggunakan kereta api super cepat yang juga dapat ditempuh dalam jangka waktu yang sama, kira-kira apa keputusan Anda?
Seseorang tersebut mungkin telah menceritakan bagaimana nyamannya, murahnya dan kesempatan untuk melihat pemandangan sepanjang perjalanan. Kira-kira apa keputusan Anda?
Tetap pada rencana semula atau merubah pilihan kendaraan Anda?
Rencana kereta api super cepat itu mungkin alternatif pilihan yang sangat baik, namun masalahnya adalah transportasi sejenis itu tidak melayani rute Jakarta – Surabaya, paling tidak sampai saat ini belum tersedia. Maksud saya adalah banyak orang yang menawarkan bentuk dan strategi investasi yang sebenarnya tidak dapat dengan baik diterapkan pada lingkungan dan rencana investasi Anda. Baik bagi orang lain belum tentu baik untuk diri Anda sendiri.

Nikmati proses.

Nikmati proses jika Anda sudah mengetahui bahwa pilihan jalan investasi Anda sudah benar.
Proses membutuhkan waktu. Tidak ada proses yang tidak membutuhkan waktu. Kesuksesan berinvestasi juga butuh waktu. Jika menurut Anda strategi yang telah Anda gunakan dapat mencapai rencana investasi Anda, berarti strategi tersebut perlu dilanjutkan sampai hasil akhir Anda capai.
Sering kali proses yang Anda jalankan tidak mengenakkan dan banyak batu sandungan pada awalnya, namun jika semua tolok ukur yang Anda tetapkan dapat dicapai seperti yang telah direncanakan, maka proses yang Anda jalankan kemungkinan adalah sudah benar.
Menikmati proses disini mungkin dapat juga diartikan dengan berusaha tetap konsisten pada pilihan jalan investasi yang telah Anda tetapkan. Kecuali jika pilihan jalan investasi Anda tidak dapat memenuhi rencana  investasi Anda, berarti tidak ada gunanya menikmati proses tersebut.
 Fokus dengan hasil.
Hasil yang Anda rencanakan adalah seperti bensin dalam kendaraan Anda. Hasil ini memberikan Anda ekstra energi dan semangat untuk bertindak. Hasil yang Anda rencanakan memberikan arah yang jelas. Bermain sepak bola tanpa gawang adalah bukan permainan, paling tidak orang akan sulit untuk melakukannnya.
Salah satu mentor saya pernah mengatakan,”Perbedaan antara orang yang memiliki rencana dan tidak adalah hasil yang didapat”.
Dalam hal investasi, salah satu rencana hasil yang perlu ditetapkan adalah berapa besar tingkat imbal hasil yang ingin diperoleh dalam jangka waktu 1 tahun, 5 tahun ataupun 10 tahun. Berapa besar tingkat keuntungan yang ingin didapatkan setiap tahun. Akan sangat membantu bagi Anda dan saya – sebelum melakukan investasi – untuk menetapkan terlebih dahulu bagaimana rencana investasi Anda. Jika belum memiliki, sebaiknya miliki terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh.
Selanjutnya yang diperlukan adalah disiplin diri, menikmati proses dan tetap focus pada hasil yang telah direncanakan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s